Langsung ke konten utama

 3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 

PEMETAAN 7 KELOMPOK ASET-SUMBER DAYA YANG DIMILIKI
SMP NEGERI 1 SINDANGBARANG

 Salam dan semoga bahagia selalu

Sahabatku, kali ini saya akan mencoba memetakan tujuh kelompok aset yang dimiliki SMP Negeri 1 Sindangbarang.

SMP Negeri 1 Sindangbarang adalah sebuah sekolah yang berada dipinggiran kota, dengan berbagai variasi potensi yang ada yang mencakup tujuh aset atau sumber daya, semua itu merupakan anugrah dan potensi yang tak ternilai karena secara tidak langsung sang pencipta telah memberikan kepercayaan untuk bisa melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik sesuai dengan keinginan dari semua pihak. Tugas seorang pemimpinlah yang mampu memetakan dan menggali potensi yang dimiliki sekolah. Tujuannya adalah untuk memetakan segala aset yang dimiliki di sekolah. Pemetaan ini memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh sekolah agar kelak dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan dalam pelaksanaan pembelajaran yang berpihak pada siswa.

Berikut ini adalah pemetaan aset-sumber daya yang dimiliki SMP Negeri 1 Sindangbarang

Modal Manusia (Sumber daya manusia berkualitas)
  • Kepala sekolah (S2, memiliki visi dalam pengembangan sekolah)
  • Guru (26 orang, kulaifikasi S2 dan S1, sebagian telah bersertifikasi, melek IT dan memiliki dedikasi yang tinggi)
  • Tenaga Kependidikan (4 orang, terampil, memiliki keahlian IT)
  • Komite Sekolah (Pensiunan Pengawas dan Guru)
  • Siswa (Heterogen, memiliki bakat dan minat yang beraneka ragam terutama dalam bidang kesenian dan olahraga) dan
  • Orang tua/wali siswa (mendukung setiap kebijakan sekolah
Keluarga Besar SMP Negeri 1 Sindangbarang

Modal Sosial (Pendukung di setiap Kegiatan)
  • Visi dan Misi Sekolah
  • Subrayon (Pemrakarsa Kegiatan Seni dan Olahraga tingkat rayon)
  • Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur (Lanjutan dari kegiatan tingkat subrayon)
  • Masyarakat di sekitar lingkungan sekolah
Kunjungan Kabid Bina SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Cianjur

Modal Fisik

  • Bangunan :  Ruang Kepala Sekolah, ruang tamu, ruang guru, ruang tata usaha, mushalla, perpustakaan, laboratorium komputer, kantin, koperasi, laboratorium IPA, ruang kelas, ruang BK, UKS, WC guru, WC siswa, halaman, lapangan, tempat parkir.
  • Infrastruktur : Air bersih (sumur resapan dan PDAM), WIFI, kipas angin, alat peraga, P3K, drainase, meja kursi, rak buku, komputer, proyektor, infokus, lemari penyimpanan, printer, jaringan listrik, sound system.
SMP Negeri 1 Sindangbarang

Modal Lingkungan Alam

SMP Negeri 1 Sindangbarang terletak ditengah pusat pemerintahan kecamatan sehingga tidak jauh dari kantor kecamatan, koramil, kepolisian, pemerintahan desa, puskesmas dan pusat perbelanjaan sehingga memudahkan dalam proses koordinasi, konsultasi dan pemenuhan kebutuhan lainnya dan terletak di pesisir pantai sehingga sangat potensial dan memudahkan pemanfaatan sumberdaya alam di dalam proses pembelajaran.
Garis Pantai Selatan

Modal Finansial

Sumber modal finansial berasal dari dana BOS dan dari orang tua siswa melalui komite skolah (untuk dana dari orang tua bentuknya tidak wajib dan hanya untuk kegiatan tertentu)

Modal Politik

  • Bekerjasama dengan kepolisian dalam pencegahan tawuran pelajar, narkoba dan kedisiplinan
  • Bekerjasama dengan puskesmas dalam pencegahan penularan penyakit, kosultasi kesehatan, vaksin dan kelengkapan dan penggunaaan obat-obatan.
Pencegahan tawuran pelajar

Proses Vaksin Covid 19 untuk Siswa SMP Negeri 1 Sindangbarang

Modal Agama dan Budaya

  • Karena 100% beragama Islam sekolah bekerjasama dengan DKM Mesjid agung Sindangbarang untuk pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah dan tausiah
  • Pemanfaatan lingkungan pesantren yang ada di sekitar kecamatan untuk menambah pengetahuan agama
Kegiatan Sholat Dzhuru Berjamaah


Minat dan bakat siswa selain diwadahi dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan juga disalurkan kedalam kegiatan ekstrakulikuer sekolah seperti olahraga dan kesenian, siswa banyak yang tergabung dalam sanggar, group kesenian sunda dan dangdut, dan group sepak bola, futsal dan bulutangkis dan ekstrakurikuler seni.
Kegiatan ekstrakurikuler seni
 

Setelah saya membaca dan memahami pembahasan materi tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, begitu banyak pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan. Hal ini memberikan sebuah kesimpulan bahwa begitu pentingnya pemahaman seorang pemimpin terhadap tujuh sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dan bila dikelola dengan baik maka akan menjadi sebuah aset untuk kemajuan sekolah.

 Apa yang kami kuasai?

Kami warga sekolah SMP Negeri 1 Sindangbarang memiliki komitmen untuk memajukan sekolah dan berorientasi pada pembelajaran yang berpusat pada anak. Untuk mensukseskan hal tersebut, setiap individu dilatih untuk mampu mengenali peluang dan berbagai sumber daya yang ada dan tersedia di sekolah dengan cara memetakan dan memanfaatkannya baik dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Kami sangat menguasai dan konsisten dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler bidang seni yaitu mengembangkan lukisan pasir dengan memanfaatkan barang yang ada di sekitar sekolah.

 Apa yang paling kami banggakan dari sekolah ini? Dari murid-murid kami?

Sekolah kami, SMP Negeri 1 Sindangbarang merupakan sekolah tertua di Cianjur selatan, memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi, berbagai aset sarana prasarana yang lengkap, dan menjadi sekolah favorit bagi siswa baru, untuk mendapatkan siswa kreatif dan berprestasi menjadi sangat mudah, sehingga dalam pengembangan kegiatan pembelajaran lebih bervariatif dan menyenangkan dan untuk kegiatan ekstrakurikuler terutama seni, siswa memiliki imajinasi yang tinggi dalam pembuatan kreasi seni sehingga hasil yang didapatkan bervariatif. Dan kamipun bangga dengan para alumni yang telah menjadi bagian dari sekolah ini yang sudah menggapai kesuksesan seperti menjadi kepala dinas, pengawas, kepala sekolah, guru, tentara, polisi, perawat, dan lain-lain.

 Apa yang membuat kami unik?

Yang unik dari sekolah kami adalah, mampu memanfaatkan barang yang tidak bernilai menjadi  karya seni berupa lukisan pasir. Hasil karya siswa tersebut dan dibuat secara mandiri dan kelompok. Siswa belajar bertanggung jawab dan menuangkan kreasinya agar indah dipandang.

 Kekuatan apa yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar?

Sekolah kami mampu menjalin hubungan baik dengan warga sekitar, aparat dan juga komunitas luar sekolah demi mewujudkan tujuan untuk memajukan kualitas Pendidikan yang berdampak baik bagi masyarakat sekitar.  Misalnya, kerjasama dengan puskesmas setempat untuk pemeriksaan Kesehatan guru di sekolah kami, kerjasama pemberian vaksin covid 19 untuk siswa serta penyuluhan untuk siswa kami. Sekolah juga bekerjasama dengan kepolisian dan babinsa untuk penyuluhan tentang narkoba dan bahaya tawuran. Dan imbas dari kegiatan ekstrakurikuler seni banyak warga masyarakat yang antusias dan mengapresiasi hasil siswa berupa keterlibatan mereka melihat, memberikan ide, ikut bergabung dan ada yang membeli sebagai buah tangan.

 Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?

Sekolah kami terus berbenah. Kepala sekolah memberikan kebebasan seluas-luasnya dalam peningkatan kompetensi tenaga pendidik berupa pelatihan pelatihan pembelajaran maupun kegiatan di luar pembelajaran. Sarana parasarana penunjang berupa peralatan olahraga, kesenian dan alat seni terus dilengkapi dan disempurnakan. Setiap warga sekolah diharapkan memunculkan ide-ide baru agar lebih bervariatif, contohnya untuk kedepan sekolah akan mengadakan ekstrakurikuler pembuatan lukisan dari kulit telur dan seni ukir tekan. Intinya adalah selain meningkatkan proses pembelajaran yang mengutamakan siswa juga meningkatkan keterampilan keterampilan lain untuk membekali siswa di masa yang akan datang.


Sahabatku, demikianlah tugas modul 3.2.a.7 tentang demonstrasi kontekstual modul pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.






Komentar