3.2.a.7 Demonstrasi Kontekstual- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya
PEMETAAN
7 KELOMPOK ASET-SUMBER DAYA YANG DIMILIKI
SMP
NEGERI 1 SINDANGBARANG
Salam dan semoga bahagia selalu
Sahabatku, kali ini saya
akan mencoba memetakan tujuh kelompok aset yang dimiliki SMP Negeri 1
Sindangbarang.
SMP Negeri 1 Sindangbarang adalah sebuah
sekolah yang berada dipinggiran kota, dengan berbagai variasi potensi yang ada yang
mencakup tujuh aset atau sumber daya, semua itu merupakan anugrah dan potensi yang
tak ternilai karena secara tidak langsung sang pencipta telah memberikan
kepercayaan untuk bisa melakukan suatu perubahan ke arah yang lebih baik sesuai
dengan keinginan dari semua pihak. Tugas seorang pemimpinlah yang mampu
memetakan dan menggali potensi yang dimiliki sekolah. Tujuannya adalah untuk memetakan segala
aset yang dimiliki di sekolah. Pemetaan ini memiliki tujuan untuk mengetahui
kekuatan yang dimiliki oleh sekolah agar kelak dapat digunakan untuk
meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dan dalam pelaksanaan pembelajaran
yang berpihak pada siswa.
Berikut ini adalah pemetaan aset-sumber daya yang dimiliki SMP
Negeri 1 Sindangbarang
- Kepala sekolah (S2, memiliki visi dalam pengembangan sekolah)
- Guru (26 orang, kulaifikasi S2 dan S1, sebagian telah bersertifikasi, melek IT dan memiliki dedikasi yang tinggi)
- Tenaga Kependidikan (4 orang, terampil, memiliki keahlian IT)
- Komite Sekolah (Pensiunan Pengawas dan Guru)
- Siswa (Heterogen, memiliki bakat dan minat yang beraneka ragam terutama dalam bidang kesenian dan olahraga) dan
- Orang tua/wali siswa (mendukung setiap kebijakan sekolah
- Visi dan Misi Sekolah
- Subrayon (Pemrakarsa Kegiatan Seni dan Olahraga tingkat rayon)
- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur (Lanjutan dari kegiatan tingkat subrayon)
- Masyarakat di sekitar lingkungan sekolah
Modal Fisik
- Bangunan : Ruang Kepala Sekolah, ruang tamu, ruang guru, ruang tata usaha, mushalla, perpustakaan, laboratorium komputer, kantin, koperasi, laboratorium IPA, ruang kelas, ruang BK, UKS, WC guru, WC siswa, halaman, lapangan, tempat parkir.
- Infrastruktur : Air bersih (sumur resapan dan PDAM), WIFI, kipas angin, alat peraga, P3K, drainase, meja kursi, rak buku, komputer, proyektor, infokus, lemari penyimpanan, printer, jaringan listrik, sound system.
Modal Lingkungan Alam
- Bekerjasama dengan kepolisian dalam pencegahan tawuran pelajar, narkoba dan kedisiplinan
- Bekerjasama dengan puskesmas dalam pencegahan penularan penyakit, kosultasi kesehatan, vaksin dan kelengkapan dan penggunaaan obat-obatan.
![]() |
| Proses Vaksin Covid 19 untuk Siswa SMP Negeri 1 Sindangbarang |
Modal Agama dan Budaya
- Karena 100% beragama Islam sekolah bekerjasama dengan DKM Mesjid agung Sindangbarang untuk pelaksanaan sholat dzuhur berjamaah dan tausiah
- Pemanfaatan lingkungan pesantren yang ada di sekitar kecamatan untuk menambah pengetahuan agama
Setelah saya membaca dan memahami
pembahasan materi tentang pemimpin dalam pengelolaan sumber daya, begitu banyak
pengetahuan dan keterampilan yang saya dapatkan. Hal ini memberikan sebuah
kesimpulan bahwa begitu pentingnya pemahaman seorang pemimpin terhadap tujuh
sumber daya yang dimiliki oleh sekolah dan bila dikelola dengan baik maka akan
menjadi sebuah aset untuk kemajuan sekolah.
Kami warga sekolah SMP Negeri 1
Sindangbarang memiliki komitmen untuk memajukan sekolah dan berorientasi pada
pembelajaran yang berpusat pada anak. Untuk mensukseskan hal tersebut, setiap
individu dilatih untuk mampu mengenali peluang dan berbagai sumber daya yang
ada dan tersedia di sekolah dengan cara memetakan dan memanfaatkannya baik
dalam kegiatan intrakurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler. Kami sangat
menguasai dan konsisten dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler bidang
seni yaitu mengembangkan lukisan pasir dengan memanfaatkan barang yang ada di
sekitar sekolah.
Sekolah kami, SMP Negeri 1
Sindangbarang merupakan sekolah tertua di Cianjur selatan, memiliki pendidik
dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi, berbagai aset sarana prasarana
yang lengkap, dan menjadi sekolah favorit bagi siswa baru, untuk mendapatkan
siswa kreatif dan berprestasi menjadi sangat mudah, sehingga dalam pengembangan
kegiatan pembelajaran lebih bervariatif dan menyenangkan dan untuk kegiatan
ekstrakurikuler terutama seni, siswa memiliki imajinasi yang tinggi dalam
pembuatan kreasi seni sehingga hasil yang didapatkan bervariatif. Dan kamipun
bangga dengan para alumni yang telah menjadi bagian dari sekolah ini yang sudah
menggapai kesuksesan seperti menjadi kepala dinas, pengawas, kepala sekolah,
guru, tentara, polisi, perawat, dan lain-lain.
Yang unik dari sekolah kami adalah,
mampu memanfaatkan barang yang tidak bernilai menjadi karya seni berupa lukisan pasir. Hasil karya
siswa tersebut dan dibuat secara mandiri dan kelompok. Siswa belajar
bertanggung jawab dan menuangkan kreasinya agar indah dipandang.
Sekolah kami mampu menjalin hubungan
baik dengan warga sekitar, aparat dan juga komunitas luar sekolah demi
mewujudkan tujuan untuk memajukan kualitas Pendidikan yang berdampak baik bagi
masyarakat sekitar. Misalnya, kerjasama dengan puskesmas setempat
untuk pemeriksaan Kesehatan guru di sekolah kami, kerjasama pemberian vaksin
covid 19 untuk siswa serta penyuluhan untuk siswa kami. Sekolah juga
bekerjasama dengan kepolisian dan babinsa untuk penyuluhan tentang narkoba dan
bahaya tawuran. Dan imbas dari kegiatan ekstrakurikuler seni banyak warga
masyarakat yang antusias dan mengapresiasi hasil siswa berupa keterlibatan
mereka melihat, memberikan ide, ikut bergabung dan ada yang membeli sebagai
buah tangan.
Apa
yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?
Sekolah kami terus berbenah. Kepala
sekolah memberikan kebebasan seluas-luasnya dalam peningkatan kompetensi tenaga
pendidik berupa pelatihan pelatihan pembelajaran maupun kegiatan di luar
pembelajaran. Sarana parasarana penunjang berupa peralatan olahraga, kesenian
dan alat seni terus dilengkapi dan disempurnakan. Setiap warga sekolah
diharapkan memunculkan ide-ide baru agar lebih bervariatif, contohnya untuk
kedepan sekolah akan mengadakan ekstrakurikuler pembuatan lukisan dari kulit
telur dan seni ukir tekan. Intinya adalah selain meningkatkan proses
pembelajaran yang mengutamakan siswa juga meningkatkan keterampilan
keterampilan lain untuk membekali siswa di masa yang akan datang.






Komentar
Posting Komentar